logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara 559 MARENTE

Berita Terkini

Sidang Keliling Kec. AlasThn. 2021

Sidang Keliling Awal Tahun 2021

Berdasarkan Perma No 1 Tahun 2014, Pasal 14 tentang Penerimaan Layanan Sidang di luar Gedung Pengadilan, bahwa Pengadilan dapat melaksanakan layanan sidang di luar gedung pengadilan untuk mempermudah setiap warga negara yang tidak mampu atau sulit menjangkau lokasi kantor Pengadilan karena hambatan biaya atau hambatan fisik atau hambatan geografis.

 

Pelaksanaan Sidang luar gedung(Sidang Keliling) bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta untuk mengimplementasikan asas peradilan, yaitu: sederhana, cepat dan biaya ringan.

Untuk pelaksanaan Sidang Keliling yang dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 15 Maret 2021 berjumlah 23 perkara dan seluruhnya berperkara secara prodeo(Cuma-Cuma).

Prodeo sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia No. 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu Di Pengadilan, adalah proses berperkara di pengadilan secara cuma-cuma dengan dibiayai negara melalui anggaran Mahkamah Agung RI.

Yang berhak mengajukan gugatan/permohonan berperkara secara cuma-cuma (prodeo) adalah masyarakat yang tidak mampu secara ekonomis, dengan syarat melampirkan :

1. Surat Keterangan Tidak Mampu (“SKTM”) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Wilayah setempat yang menyatakan bahwa benar yang bersangkutan tidak mampu membayar biaya perkara, atau

2. Surat Keterangan Tunjangan Sosial lainnya seperti Kartu Keluarga Miskin (KKM), Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Kartu Beras Miskin (Raskin), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), atau dokumen lainnya yang berkaitan dengan daftar penduduk miskin dalam basis data terpadu pemerintah atau yang dikeluarkan oleh instansi lain yang berwenang untuk memberikan keterangan tidak mampu. (Pasal 7 ayat (2) Perma 1/2014).

 

Bertempat di Kantor Desa Merente, sejumlah 23 pasang suami isteri yang belum mempunyai Buku Nikah dan berasal dari Desa Kalimango dan Desa Merente Kecamatan Alas mengikuti proses persidangan dengan penuh khidmat.

Selain sidang keliling, pelaksanaan Sidang Keliling bagi Tim Pelaksana juga merupakan kesempatan untuk menghirup udara segar, melihat keindahan alam pedesaan yang asri dan sejuk.

Bagi para pihak yang menginginkan dilaksanakannya Sidang Keliling dan berperkara secara prodeo(Cuma-Cuma), silahkan menghubungi bagian informasi di Kantor Pengadilan Agama Sumbawa Besar.

 Kami siap melayani dengan pelayanan prima.

#Zona Integritas

#Wilayah Bebas dari Korupsi(WBK)

#Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

#PA Sumbawa Besar Hebat

Fokus Pengumuman

  • +


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

ColorsPencarian cepat Dokumen Putusan Pengadilan Agama Sumbawa Besar dan Pengadilan Lainnya di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Kunjungi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia  

Agenda Pimpinan




CONTOH FORMAT PERKARA PA. SUMBAWA BESAR