logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara 558 HARAPANKMA

Berita Terkini

Harapan Ketua MA Saat Peluncuran 6 Aplikasi

 Harapan Ketua MA Saat Peluncuran 6 Aplikasi

 

Ketua Mahkamah Agung (MA) RI Prof. H.M. Syarifuddin telah membuka secara resmi acara Rapat Koordinasi (Rakor) Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Ditjen Badilag MA) Tahun 2021 dengan tema “Membangun Peradilan Agama Modern Berkelanjutan Menuju Birokrasi Berkelas Dunia” secara virtual, Selasa (2/3/2021). Dalam Rakor yang diikuti 29 Pengadilan Tingkat Banding dan 412 Pengadilan Tingkat Pertama di lingkungan Peradilan Agama ini, Ketua MA sekaligus meluncurkan 6 aplikasi yang merupakan inovasi Ditjen Badilag.

 

Rakor Ditjen Badilag merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka evaluasi kinerja Peradilan Agama tahun lalu dan menyusun program kerja tahun berjalan. “Rakor yang didukung Kamar Agama MA ini sebagai representasi komitmen bersama seluruh unsur di Peradilan Agama untuk menetapkan program-program strategis yang dibutuhkan bagi kemajuan lembaga,” ujar Ketua MA M. Syarifuddin dalam sambutan Rakor ini yang disiarkan melalui Youtube Ditjen Badilag, Selasa (2/3/2021).  

Syarifuddin mengatakan Rapat Koordinasi ini menjadi medium paling tepat mengevaluasi kembali kebijakan-kebijakan terdahulu, menemukan dimana titik lemahnya, menerapkan rencana aksi perbaikan, menggagas inovasi baru, serta menetapkan target capaian lain yang mendukung terwujudnya Badan Peradilan Indonesia Yang Agung.

“Dalam pengamatan saya selama ini Badilag telah mampu tampil sebagai salah satu motor penggerak pembaruan peradilan dengan program-program yang telah dicanangkan sebelumnya, dapat mendorong terwujudnya reformasi birokrasi di lembaga peradilan. Hal ini menjadi salah satu elemen penting mempercepat perwujudan visi peradilan dalam Cetak Biru Pembaruan Peradilan 2010-2035,” kata dia.

Selain membuka Rakor, Ketua MA meresmikan peluncuran 6 inovasi aplikasi yaitu:

1.Pusat Data Perkara, pengembangan dari pusat data yang telah diluncurkan sebelumnya. Manfaatnya sebagai media informasi dengan menyajikan data-data perkara di Pengadilan Agama dalam bentuk statistik ataupun grafis.