logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara 513 BERHASIL MEDIASI

Berita Terkini

KPA Sumbawa Besar Berhasil Mediasi Perkara

KPA Sumbawa Besar Berhasil Mediasi Perkara

di Hari Perdana Masuk Kerja

 

Sumbawa | pa-sumbawabesar.go.id

Pengadilan Agama Sumbawa Besar Senin 24 Agustus 2020, telah dilakukan proses mediasi perkara gugatan no register 0583/Pdt.G/2020/PA.Sub. oleh Ketua PA Sumbawa Besar Drs. H. Muhiddin, S.H., M.H. selaku Hakim mediator  diruang mediasi PA Sumbawa Besar. Dalam proses mediasi tersebut Mediator telah mengupayakan perdamaian semaksimal mungkin dengan cara memberikan nasehat dan pandangan terkait bagaimana pentingnya menjaga keutuhan dan mempertahankan  rumah tangga serta akibat yang timbul jika nantinya terjadi perceraian apalagi jika kedua belah pihak memiliki anak.

 

Atas nasehat yang diberikan oleh Mediator tersebut, Penggugat dan Tergugat tersentuh hatinya untuk kembali berdamai, Penggugat mau kembali rukun dan membina rumah tangganya bersama Tergugat. Dengan kesepakatan perdamaian ini, kedua belah pihak berperkara bersepakat untuk mengakhiri sengketa.

Keberhasilan mediasi yang dilakukan oleh seorang hakim mediator tentunya merupakan sebuah prestasi tersendiri, terlebih lagi di hari perdana beliau bertugas di PA Sumbawa Besar. Semoga kedepannya semakin banyak perkara-perkara yang berhasil didamaikan oleh para mediator, khusususnya di Pengadilan Agama Sumbawa Besar.

Kemudian pada persidangan selanjutnya Penggugat dan Tergugat hadir kembali mengikuti persidangan, dan pada sidang tersebut Penggugat mencabut perkaranya. Selanjutnya pada kesempatan itu Majelis Hakim juga telah memberikan Nasehat agar rumah tangga Penggugat dan Tergugat tetap harmonis dan menjadi keluarga yang Sakinah Mawaddah, Warahmah. (Doc. Tim IT PA Sub.).

Fokus Pengumuman

  • +


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

ColorsPencarian cepat Dokumen Putusan Pengadilan Agama Sumbawa Besar dan Pengadilan Lainnya di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Kunjungi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia  

Agenda Pimpinan




CONTOH FORMAT PERKARA PA. SUMBAWA BESAR