logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara 426 APM 2019

Berita Terkini

APM 2019

Tim Asessor PTA Mataram Laksanakan Asessment

Surveillance II APM Pengadilan Agama Sumbawa Besar

 

Tim Asessor APM PTA Mataram laksanakan asessment surveillan akreditasi penjaminan mutu terhadap Pengadilan Agama Sumbawa Besar. Asessment surveillan ini adalah agenda yang sudah terjadwal sebagai konsekuensi dari telah diperolehnya Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Sumbawa Besar pada Nopember 2017 dan telah di Surveillan yang pertama oleh Tim APM Badilag Mahkamah Agung RI Tahun 2018 yang lalu mendapatkan predikat A Excellent.

Sertifikat tersebut berlaku 3 tahun dan akan diadakan surveillan tiap tahun dalam kurun waktu 3 tahun tersebut. Artinya, surveillan kali ini adalah surveillan untuk kali kedua sejak diperolehnya Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu oleh Pengadilan Agama Sumbawa Besar.

 

 

Asessment surveillan ini dilaksanakan oleh Tim Asessor eksternal dari Tim APM PTA Mataram sebagai perwakilan dari Tim APM Badilag Mahkamah Agung RI. Adapun Tim asessor yang melakukan surveillan ke Pengadilan Agama Sumbawa Besar yaitu Drs. Saheruddin selaku Lead Asesor, dan Fahrurosyid, S.H.,M.H. dan Drs. Syaifullah, S.H.,M.H. masing-masing selaku Pendamping Asesor.

Tim tersebut tiba di Pengadilan Agama Sumbawa Besar pada hari senin 11 Nopember 2019 sekitar pukul 09.15 Wita disambut oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Sumbawa Besar dan seluruh aparatur Pengadilan Agama Sumbawa Besar. Kedatangan Tim Asessor adalah untuk melakukan Observasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu, guna memastikan sejauh mana penerapannya telah dilaksanakan setelah setahun lalu mendapatkan predikat A Excellent dari surveillan pertama tahun 2018. Sebelumnya, beberapa waktu lalu Tim Asessor telah selesai melakukan Telusur Dokumen Akreditasi Penjaminan Mutu PA Sumbawa Besar dan menyimpulkan ada beberapa permintaan Perbaikan yang perlu ditindaklanjuti. 

            Selama observasi tim asessor melakukan asassement terhadap pelaksanaan dan penerapan APM PA Sumbawa Besar, dengan melakukan monitoring dan penelusuran dokumen, sarana dan prasarana diikuti wawancara dengan para pimpinan dan pejabat terkait di Pengadilan Agama Sumbawa Besar. Dilanjutkan dengan meninjauan langsung ke setiap ruangan dan bagian di Pengadilan Agama Sumbawa Besar.

Setelah melakukan kegiatan observasi, evaluasi dan monitoring  akhirnya sekitar pukul 11.30 Wita digelar kegiatan seremonial oleh Tim Asessor APM PTA Mataram. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Himne Mahkamah Agung RI, setelah itu sambutan pertama dari Wakil KPA Sumbawa Besar Dra. Hj. N. Siti Suwaebah, M.H., dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih kepada Tim Asessor yang telah mengasessment PA Sumbawa Besar dan juga telah memberikan saran yang bermanfaat selama Asessment Surveillance agar PA Sumbawa Besar dapat menjadi lebih baik lagi. Tak lupa beliau memohon maaf bila ada hal-hal yang kurang berkenan selama tim asessor berada di PA Sumbawa Besar.

Acara selanjutnya sambutannya Lead Asessor Drs Saheruddin, S.H.,M.M. beliau menyampaikan bahwa PA Sumbawa Besar secara umum sudah memenuhi standar yang telah ditetapkan. meskipun terdapat beberapa hal yang harus dilengkapi. Selanjutnya hasil Asesmen surveillance tersebut akan diajukan kepada komite APM Badillag sebagai tindak lanjut dalam rangka mempertahankan nilai. Sebelum menutup kegiatan secara resmi, beliau dalam kesempatan ini juga mengingatkan kepada seluruh jajaran di Pengadilan Agama Sumbawa Besar untuk segera melengkapi kekurangan dan melakukan perbaikan (penyempurnaan) pada hal-hal yang telah disampaikan oleh tim asessor.

Pada bagian akhir acara WKPA Sumbawa Besar Dra. Hj. N. Siti Suwaebah, M.H. berkesempatan memberikan presentasi terkait evaluasi implementasi Akreditasi penjaminan mutu pada PA Sumbawa Besar. Dalam presentsinya beliau mengungkapkan profile singkat PA Sumbawa Besar, visi-misi, struktur organisasi, peta yurisdiksi, keadaan perkara, keadaan pegawai dan lain-lain terkait capaian yang telah dilaksanakan dan dijabarkan sesuai dalam area akreditasi penjaminan mutu, yang diakhiri dengan pemutaran video profil Zona Integritas PA Sumbawa Besar.  Tak lupa beliau mengucapkan terima kasih, permohonan maaf dan selamat jalan kepada Tim Asessor Eksternal APM PTA Mataram semoga selamat diperjalanan kembali ke tempat tugas, dan dapat bertemu dengan keluarga.

Sebagai acara penutup pengucapan yel-yel yang dikomandani oleh Panitera PA Sumbawa Besar Kartika Sri Rohana, S.H. dan diikuti oleh seluruh warga PA Sumbawa Besar menggema di ruang sidang PA Sumbawa Besar.

“Mahkamah Agung, …….unggul

“Badillag, ……….Jaya

“PTA Mataram, ……… Maju

“PA Sumbawa Besar,……… Hebat.

“APM, ……… Bermartabat ,……yes.…yes…yes…

Acara ini kemudian diakhiri dengan foto bersama Tim Asessor APM PTA Mataram dan Keluarga Besar PA Sumbawa Besar. (Tim Redaksi PA.Sub

Fokus Pengumuman

  • +


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

ColorsPencarian cepat Dokumen Putusan Pengadilan Agama Sumbawa Besar dan Pengadilan Lainnya di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Kunjungi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia  

Agenda Pimpinan




CONTOH FORMAT PERKARA PA. SUMBAWA BESAR