logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara 320 APM2018

Berita Terkini

Assesment Surveilan Perdana 2018

Assesment Surveilan Perdana

Akreditasi Penjaminan Mutu (APM)

Pengadilan Agama Sumbawa Besar Tahun 2018

 

 Sumbawa Besar (23/11/2018çpa-sumbawabesar.go.id. Berlangsung assesment surveilan akreditasi penjaminan mutu terhadap Pengadilan Agama Sumbawa Besar. Assesment surveilan ini adalah agenda yang sudah terjadwal sebagai konsekuensi dari telah diperolehnya Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Sumbawa Besar pada Nopember 2017 lalu.

Sertifikat tersebut berlaku 3 tahun dan akan diadakan surveilan tiap tahun dalam kurun waktu 3 tahun tersebut. Artinya, surveilan kali ini adalah surveilan untuk yang pertama kali sejak diperolehnya Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu oleh Pengadilan Agama Sumbawa Besar.

Assesment surveilan ini dilaksanakan oleh Tim Assesor eksternal dari TIM TAPM Badan Peradilan Agama (BADILAG), Adapun Tim assesor dari Badan Peradilan Agama (BADILAG) yang melakukan surveilan ke Pengadilan Agama Sumbawa Besar antara lain:

1.      Bapak Subeno Trio Leksono, S.H.,M.M.. ( Lead Asesor)

2.      Bapak Wahyu Setiyawan, S.H. (Pendamping Asesor)

Tim tersebut tiba di Pengadilan Agama Sumbawa Besar pada Kamis 22 Nopember 2018 sekitar pukul 10.30 WITA disambut oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Sumbawa Besar, para hakim, para pejabat structural dan pejabat fungsional serta seluruh aparatur Pengadilan Agama Sumbawa Besar.

Tepat pukul 11.00 Wita dilaksanakan kegiatan opening meeting yang merupakan rangkaian awal dari proses assessment oleh assessor eksternal. Acara dibuka dengan  membaca basmalah bersama dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh seluruh peserta Opening Meeting Asesmen Eksternal Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu (APM). Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Ketua PA Sumbawa Besar H. Akhmad Junaedi, S.H. selaku Top Menejer, dan sambutan Ketua APM Pengadilan Agama Sumbawa Besar H. Ahmad Gani, S.H., diakhiri dengan arahan dari Lead Asesor eksternal Badilag Bapak Subeno Trio Leksono, S.H.,M.M.

 Setelah selesai opening meeting, segera dilaksanakan proses assesment dengan melakukan monitoring dan penelusuran dokumen, sarana dan prasarana diikuti wawancara dengan para Pimpinan dan pejabat terkait di Pengadilan Agama Sumbawa Besar, Kapala Sub Bagian, Panitera Muda dan Panitera Pengganti, Jurusita/Jurusita Pengganti. Dilanjutkan dengan meninjau langsung ke setiap ruangan dan bagian di Pengadilan Agama Sumbawa Besar.

 Setelah melakukan proses assessment selama dua hari dari tanggal 22 s.d. 23 Nopember 2018 akhirnya digelar kegiatan Closing Meeting oleh TIM Assesment TAPM Badan Peradilan Agama (Badilag). Acara Closing Meeting dibuka pada pukul 19.30 Wita diawali dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri, setelah itu sambutan pertama dari Wakil KPA Sumbawa Besar H. Akhmad Junaedi, S.H., dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih kepada Tim Asessor yang telah mengasessment kami dan juga telah memberikan saran yang bermanfaat selama Asessment Surveillance agar PA Sumbawa Besar dapat menjadi lebih baik lagi. Tak lupa beliau memohon maaf bila ada hal-hal yang kurang berkenan selama tim asesor berada di PA Sumbawa Besar.

Sambutan kedua dilanjutkan oleh Ketua TPM H. Ahmad Gani, S.H., dalam sambutannya beliau menyampaikan semoga hasil Asessment Surveillance di PA Sumbawa Besar sesuai dengan yang kita harapkan semua, dan pada kesempatan itu juga beliau mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang bekerja dari siang sampai malam untuk memenuhi kriteria-kriteria Sistem APM. Tak lupa beliau mengucapkan terima kasih, permohonan maaf dan selamat jalan kepada Tim Asesor Eksternal semoga selamat diperjalanan kembali ke tempat tugas, dan dapat bertemu dengan keluarga.

Selanjutnya dalam sambutannya Asessor Asessment Surveillance Subeno Trio Leksono, S.H.,M.M. menyampaikan bahwa PA Sumbawa Besar secara umum sudah memenuhi standar yang telah ditetapkan. meskipun terdapat beberapa hal yang harus dilengkapi. Selanjutnya hasil Asesmen surveillance tersebut akan diajukan kepada komite APM Badillag sebagai tindak lanjut dalam rangka mempertahankan nilai

Sebelum menutup kegiatan secara resmi, beliau dalam kesempatan ini juga mengingatkan kepada seluruh jajaran di Pengadilan Agama Sumbawa Besar untuk segera melengkapi kekurangan dan melakukan perbaikan (penyempurnaan) pada hal-hal yang telah disampaikan oleh asesor eksternal.

 

Sebagai bukti keseriusan untuk melaksanakan perbaikan maka dilaksanakan penandatanganan perjanjian kontrak kinerja yang ditandatangani oleh Koordinator Asesor Internal, Koordinator tim survey kepuasan masyarakat, Koordinator pengendali dokumen, Ketua Akreditasi Penjaminan Mutu, Wakil  Ketua Pengadilan Agama Sumbawa Besar,  dan Lead Asesor ekternal Akreditasi Penjaminan Mutu Badilag.

 

Diakhir acara pengucapan yel-yel yang dikomandani oleh Panitera PA Sumbawa Besar Kartika Sri Rohana, S.H. dan diikuti oleh seluruh warga PA Sumbawa Besar menggema di ruang sidang PA Sumbawa Besar.

“Mahkamah Agung, unggul………

“Badillag, Jaya……………………..

“PTA NTB, Maju……………………

“PA Sumbawa Besar, Sukses,……yes.…yes…yes…

Acara ini kemudian diakhiri dengan do’a dan foto bersama. (Doc. TIM IT PA.Sub).

 

 

Fokus Pengumuman

  • +


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

ColorsPencarian cepat Dokumen Putusan Pengadilan Agama Sumbawa Besar dan Pengadilan Lainnya di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Kunjungi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia  

Agenda Pimpinan




CONTOH FORMAT PERKARA PA. SUMBAWA BESAR