logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara 421 SUMPAH PEMUDA91

Berita Terkini

Sumpah Pemuda ke 91

Ketua PA Sumbawa Besar

Ajak Bersatu Kita Maju di Hari Sumpah Pemuda

 

 Semangat sumpah pemuda yang diikrarkan 91 tahun lalu harus terus tertanam di benak kita. Satu Tumpah Darah, Satu bangsa, Satu Bahasa, memiliki makna yang mendalam yaitu persatuan untuk Indonesia.Jiwa NKRI harus tertanam selalu, khususnya kaum muda sebagai penerus bangsa.

 

            Wujud nyata menghargai semangat sumpah pemuda, Pengadilan Agama Sumbawa Besar gelar upacara bendera peringati hari Sumpah Pemuda ke-91 Senin 28 Oktober 2019. Kegiatan apel ini merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 1506/SEK/HM.01.2/10/2019 tanggal 21 Oktober 2019 perihal Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Sumpah pemuda ke-91 Tahun 2019, mengambil tema “Bersatu Kita maju” apel digelar di halaman depan gedung kantor Pengangadilan Agama Sumbawa Besar.  Pada apel kali ini dihadiri langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Sumbawa Besar H. Akhmad Junaedi,S.H. yang bertindak sebagai Pembina Upacara, dan diikuti oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Sumbawa Besar. 

 

Kegiatan apel berlangsung penuh hidmat, dalam amanatnya Ketua Pengadilan Agama Sumbawa Besar menyampaikan amanat dari Menteri Pemuda dan Olah Raga Indonesia (Menpora). Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 mengambil tema ”Bersatu Kita Maju”. Tema ini merupakan penegasan kembali komitmen bersama yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuanlah kita dapat muwujdkan cita-cita bangsa.

 Tema Bersatu kita maju sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena ditangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju. Yakni pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreatifitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

 

Kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya kalau masa depan itu hanya dipandang sekedar sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya. Tapi bagaimana generasi muda merespon kemajuan itu dengan kearifan tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu, serta kenyataan-kenyataan masa kini sehingga membuat mereka tidak lagi sanggup keluar untuk menatap masa depan.

Diberbagai belahan dunia saat ini telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cendrung individualistic dan gramatik. Canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap social media, telah menjelma menjadi tempat favorit tempat berkumpulnya anak-anak muda lintas Negara, lintas budaya, lintas agama yang interaksinya berjalan real time 24 jam. Disinilah besarnya peran Sumpah Pemuda bagi Pemuda Indonesia yang harus berani maju menaklukkan dunia. Dengan gerakan revolusi mental yang relevansinya dapat membangkitkan tekat dan semangat yang didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan keluar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Karena itu wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekat dan cita-cita, pengorbananmu dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia. Bangsa Indonesia berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda Indonesia yang mendunia.

Selamat Hari Sumpah Pemuda Ke-91 semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan ridho-Nya kepada kita semua, dengan terus mengelorakan kembali tekat dan semagat Sumpah Pemuda dalam jiwa raga kita yang dibancakan oleh Syaifullah, S.Ag.

1.    Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia

2.    Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia

3.    Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa persatuan, Bahasa Indonesia

 

Akhirnya sekitar pukul 09.00 wita apel yang digelar pada pukul 08.00 wita berakhir dengan pembacaan do’a oleh Najamuddin, S.Ag sebagai perwujudan dari rasa syukur atas semat perjuangan sumpah setia para pemuda dalam mempersatukan Indonesia. (Doc. Tim IT PA Sub.).

Fokus Pengumuman

  • +


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

ColorsPencarian cepat Dokumen Putusan Pengadilan Agama Sumbawa Besar dan Pengadilan Lainnya di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Kunjungi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia  

Agenda Pimpinan




CONTOH FORMAT PERKARA PA. SUMBAWA BESAR