logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara 353 EKSPOSE

Berita Terkini

Ekspose Haswasbid Triwulan I 2019

 Ekspose Hasil  Pengawasan dan Pembinaan

 Hawasbid Triwulan I PA Sumbawa Besar Tahun 2019

 

Sumbawaçpa-sumbawabesar.go.id. Pengadilan Agama Sumbawa Besar, Kamis 02 Mei 2019 mengekpose hasil temuan Hakim Pengawas Bidang (Hawasbid) Triwulan I untuk tahun 2019 bertempat di Ruang Sidang Utama PA Sumbawa Besar. 

Ekspose dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Sumbawa Besar, para Hakim dan pejabat Struktural / Fungsional serta seluruh Aparatur Pengadilan Agama Sumbawa Besar. Acara yang bertajuk ekspos hasil temuan Hawasbid Triwulan I tahun 2019 tersebut dibuka oleh Ketua PA Sumbawa Besar, H. Akhmad Junaedi, S.H. sekitar pukul 14.30 Wita.

 

Ekpose hasil temuan Hawasbid disampaikan oleh Wakil Ketua PA Sumbawa Besar Dra. Hj.  N. Siti Suwaebah, M.H. selaku Koordinator Hawasbid. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh aparatur  PA Sumbawa Besar, khusunya kepada Hawasbid  yang telah melakukan pengawasan internal triwulan I tahun 2019 terhadap kinerja dan pelayanan aparatur PA Sumbawa Besar. Bahwa pengawasan yang dilakukan bukanlah untuk mencari-cari kesalahan tetapi semata-mata untuk membenahi dan meluruskan.

 

Pada pengawasan regular triwulan I Tahun 2019 kali ini ada beberapa evaluasi dan temuan yang disampaikan oleh Hawasbid terhadap kinerja Pengadilan Agama Sumbawa Besar dengan Ruang Lingkup Pengawasan meliputi; Administrasi Teknis Yustisial  (Kepaniteraan) dan administrasi Kesekretariatan. (Non TeknisYustisial).

 

Secara umum dapat dilaporkan bahwa kinerja para pegawai Pengadilan Agama Sumbawa Besar sudah baik hanya ada beberapa temuan yang sifatnya sederhana dikarenakan kurang ketelitian dalam bekerja, dengan begitu beliau berharap agar temuan dalam pengawasan ini dapat segera ditindaklanjuti oleh pihak-pihak terkait dan agar lebih teliti lagi dalam melakukan pekerjaan sehingga dalam pengawasan berikutnya tidak ada lagi temuan yang sama seperti temuan pada pengawasan kali ini.

 

Pada prinsipnya beliau memberikan apresiasi kepada PA Sumbawa Besar karena tidak banyak temuan yang sifatnya fatal, bahwa administrasi kepaniteraan dan kesekretariatan sudah berjalan dengan baik. Tetapi beberapa kegiatan rutin yang perlu ditingkatkan seperti kebersihan kantor dan penataan lingkungan kantor, kedisiplinan masuk, istirahat dan pulang kerja aparatur, serta perbaikan beberapa sarana dan prasarana pendukung kinerja dan pelayanan.

 

 

 

 

Sementara itu Ketua PA Sumbawa Besar H. AkhmadJunaedi, S.H.. Dalam sambutannya beliau berharap hasil temuan, kritik, saran, petunjuk dari hawasbid dapat dijadikan masukan untuk perbaikan kinerja internal PA Sumbawa Besar dan aparatur baik di bidang kepaniteraan maupun kesekretariatan. Hanya saja beliau menekankan bahwa pengawasan oleh atasan langsung terhadap bawahan perlu dilakukan secara rutin untu kevaluasi kinerja dan peningkatan pelayanan sesuai dengan Perma No. 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan atasan langsung di lingkungan Mahkamah Agung dan badan Peradilan di bawahnya.

 

Acara ekspose yang berlangsung selama 1  setengah jam itu akhirnya berakhir dengan beberapa catatan-catatan penting yang harus segera ditindaklanjuti oleh penanggung jawab bidang masing-masing agar tidak menjadi temuan di pengawasan mendatang. (Doc. Tim IT PA Sub/02-5-2019).

 

 

Fokus Pengumuman

  • +


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

ColorsPencarian cepat Dokumen Putusan Pengadilan Agama Sumbawa Besar dan Pengadilan Lainnya di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Kunjungi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia  

Agenda Pimpinan




CONTOH FORMAT PERKARA PA. SUMBAWA BESAR