logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara 349 ROLEMODEL

Berita Terkini

Role Model 2019

 Ketua Pengadilan Agama Sumbawa Besar

 Umumkan Role Model Tahun 2019 Saat Apel Senin Pagi

 

 

Sumbawa Besar  (18/02/2019) pa-sumbawabesar.go.id

             Pengadilan Agama Sumbawa Besar Senin 18 Februari 2019, seperti rutinitas biasanya setiap senin pagi, sebelum melakukan aktivitas masing-masing, seluruh Pegawai Pengadilan Agama Sumbawa Besar melaksanakan apel pagi yang dilaksanakan di halaman depan gedung Kantor Pengadilan Agama Sumbawa Besar.

Kegiatan apel digelar tepat pukul 08.00 Wita, dipimpin oleh Agus Supandi, S.Kom sebagai komadan upacara, dan Ketua PA Sumbawa Besar H. Akhmad Junaedi, S.H.  sebagai Pembina Apel.

Dalam amanatnya pembina apel menyampaikan, bahwa pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM merupakan program unggulan dari Ditjen Badilag Mahkamah Agung RI yang meliputi enam area yaitu: Area Manajemen Perubahan, Area Penataan Tata Laksana, Area Penataan Sistem Manajemen SDM, Area Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Area Penguatan Pengawasan, dan Area Penguatan Kualitas Pelayanan Publik.

            Bahwa penetapan pegawai sebagai role model dan pegawai sebagai agen perubahan (Agen of Change) adalah salah satu bagian dari area Manemen Perubahan dalam pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), pada kegiatan perubahan pola pikir dan budaya kerja.

            Sebagimana diketahui Role Model adalah suatu bentuk penghargaan satuan kerja PA Sumbawa Besar yang diberikan kepada pegawai yang memiliki Orientasi Pelayanan, Intergritas, Komitmen, Disiplin, dan Kerjasama yang baik. Seluruh pegawai PA Sumbawa Besar sudah baik, mempunyai kinerja yang baik dan mempunyai tanggungjawab terhadap job masing-masing, akan tetapi oleh karena tuntutan untuk penentuan role model, kita harus memilih dan menentukan yang terbaik diantara yang baik, salah satu sebagai Role Model yang bisa dijadikan contoh dan panutan.

                        Lebih lanjut beliau menyatakan, bahwa pemilihan role model ini telah dilakukan dengan transparan dan akuntabel setelah melalui penilaian objektif, sesuai kategori dan kriteria yang disyaratkan, bahwa dari hasil pemungutan suara memang antara satu dengan yang lain terjadi persaingan yang ketat, akan tetapi keputusan diambil berdasarkan kriteria dan hasil keputusan rapat tim, yang dilaksanakan pada hari rabu tanggal 13 Februari 2019 di ruang Rapat Pengadilan Agama Sumbawa Besar.

 

Penilaian Role Model berdasarkan pada dua kriteria yang ditetapkan yaitu;

1.  Profesionalisme, dengan kategori sebagai berikut:

a.    Keterampilan dan atau kemahiran di bidang tugasnya

b.    Mengantisifasi penyelesaian tugas-tugas secara cepat;

c.     Meyakinkan dan kemandirian akan kemampuan dan menghargai pendapat orang lain.

2.  Kedisiplinan, dengan kategori sebagai berikut:

a.  Konsisten dalam melaksanakan aturan atau nilai-nilai dan kode etik;

b.  Berkomunikasi yang baik dengan lingkungan dan pegawai;

c.   Meningkatkan kebersamaan dengan pegawai;

d.  Bersikap jujur dalam jam masuk, istirahat dan pulang kerja serta melaksanakan pekerjaan dengan baik;

e.  Menerapkan sikap akhlak yang mulia dalam beraktifitas di kantor;

f.    Memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan ketaqwaan.

            Bagi yang terpilih menerima penghargaan sebagai Role Model diharapkan menjadi contoh yang baik dan dipertahankan. Pemilihan pegawai Role Model tahun 2019 ini adalah kali yang kedua, sebelumnya telah dilaksanakan pada tahun 2018 dan semoga berlanjut terus dan diharapkan semakin baik dari tahun ke tahun. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan bagi pegawai yang sudah ditetapkan sebagai role model Pengadilan Agama Sumbawa Besar Tahun 2019.                   

 

            Ketua PA Sumbawa Besar mengucapkan selamat kepada  kedua orang role model yang yang terpilih yakni Najamuddin, S.Ag (Panmud Permohonan) untuk kategori Kedisiplinan, dan Titin Suhartini, S.H. (Panitera Pengganti) untuk Kategori Profesionalisme. Beliau juga menjelaskan bahwa sebagai role model tentu akan menjadi contoh suri tauladan bagi semua pejabat dan karyawan dan karyawati di Pengadilan Agama Sumbawa Besar. Diharapkan pula role model dapat memberi motivasi dalam meningkatkan efektifitas pelaksaan kerja serta melakukan inovasi yang berkaitan dengan terwujudnya pelayanan prima, di samping itu role model mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menjadi pelopor bagi kedisiplinan dalam meningkatkan kinerja di Pengadilan Agama Sumbawa Besar.

 

Diakhir amanatnya Pembina apel berharap dengan adanya Role Model ini sebagai semangat dan cambuk kita untuk menjadi lebih baik dalam segala hal serta meningkatkan kinerja dan pelayanan kita kepada masyarakat.

 

            Usai penyerahan Piagam Penghargaan selanjutnya apel ditutup dengan pembacaan doa oleh Najamuddin, S.Ag. dan oleh Komandan apel barisan dibubarkan. (Doc. Tim IT PA Sub.).

 

 

 

Fokus Pengumuman

  • +


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

ColorsPencarian cepat Dokumen Putusan Pengadilan Agama Sumbawa Besar dan Pengadilan Lainnya di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Kunjungi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia  

Agenda Pimpinan




CONTOH FORMAT PERKARA PA. SUMBAWA BESAR