logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara 321 ZONA

Berita Terkini

Pencanangan Zona Integritas

 

Pencangan Pembangunan Zona Integritas

Menuju WBK dan WBBM

Pada Pengadilan Agama Sumbawa Besar

 

Sumbawa (07/12/2018çpa-sumbawabesar.go.id. Pengadilan Agama Sumbawa Besar, bahwa sebagai bentuk komitmen dalam upaya membangun Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),

Jum’at 7 Desember 2018 digelar acara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) di ruang sidang utama PA Sumbawa Besar. Acara pencanangan ZI ini dilaksanakan secara bersamaan dengan Pengadilan Negeri Sumbawa Besar. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sumbawa, Polres Sumbawa, Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa, Ketua Pengadilan negeri Sumbawa Besar, Kodim1607 Sumbawa, Para Hakim PA dan PN Sumbawa Besar, para Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional PA dan PN Sumbawa Besar, beserta seluruh ASN, karyawan dan Karyawati Pengadilan Agama Sumbawa Besar.

Pembangunan Zona Integritas dalam rangka mewujudkan WBK dan WBBM ini adalah sebagai salah satu langkah preventif, dalam upaya pencegahan aparatur Peradilan agar tidak terjerat dalam kasus pidana. Mengingat maraknya kasus operasi tangkap tangan terhadap aparatur negara.

Program ini juga sebagai upaya meningkatkan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien. Serta dalam rangka melayani masyarakat secara tepat dan professional, dengan tidak menyalahgunakan wewenang yang diembannya.

Dalam sambutannya, I Wayan Eka Mariarta, S.H.,M.Hum selaku Ketua PN Sumbawa Besar yang juga Mewakili sambutan dari Pengadilan Agama Sumbawa Besar menegaskan bahwa pencanangan pembangunan zona integritas yang dicanangkan oleh Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Sumbawa Besar adalah upaya untuk mengakselerasi tercapainya tujuan-tujuan dari Reformasi Birokrasi, yakni peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, instansi yang bersih dan bebas dari KKN, serta peningkatan pelayanan publik. Yang juga merupakan bagian dari program Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) lembaga peradilan untuk peningkatan pelayanan public bagi pencari keadilan.

Lebih lanjut beliau juga menegaskan bahwa sebagai pimpinan ia siap melaksanakan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani, serta mengingatkan pentingnya komitmen dari seluruh elemen internal maupun eksternal dalam mewujudkan WBK/WBBM di PA dan PN Sumbawa Besar.

Tak lupa beliau mengingatkan bahwa tujuan dari pencanangan dan pembangunan integritas hanya tinggal menjadi angan-angan jika tidak ada kemauan, kerja keras, kerja sama dan konsistensi dari setiap elemen yang ada di PA dan PN Sumbawa Besar untuk melaksanakannya.

Sementara itu dalam sambutannya Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah menyatakan bahwa deklarasi pernyataan sikap dari pimpinan dan jajaran PA dan PN Sumbawa Besar adalah sebagai perwujudan dari kesiapan dari intasi PA dan PN Sumbawa Besar untuk membangun Zona Integritas dengan berikrar tidak melakukan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN), serta tidak melakukan gratifikasi dengan menjujung kode etik dalam melaksanakan tugas dan memberikan pelayanan yang sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Bahwa pencanagan pembangunan Zona Integritas yang dilaksanakan secara terbuka dan dipublikasikan secara luas ini dimaksudkan agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan dalam program kegiatan reformasi birokrasi khususnya dalam  pencegahan KKN. Serta dapat memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat pencari keadilan di PA dan PN Sumbawa Besar tutur Wakil Bupati Sumbawa  diakhir sambutannya.

 

Demi menegaskan komitmen untuk membangun Zona Integritas pada Pengadilan Agama Sumbawa Besar dilasanakan penandatangan Piagam Pencanangan Zona Integritas yang ditandatangani oleh Wakil Ketua PA Sumbawa Besar H. Akhmad Junaedi, S.H. yang disaksikan oleh Wakil Bupati Sumbawa, Kabag Sumda Polres Sumbawa, Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa, Ketua Pengadilan negeri Sumbawa Besar, Kasdim1607 Sumbawa.

 Acara ini kemudian diakhiri dengan foto bersama. (Doc. TIM IT PA.Sub).

 

 

Fokus Pengumuman

  • +


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

ColorsPencarian cepat Dokumen Putusan Pengadilan Agama Sumbawa Besar dan Pengadilan Lainnya di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Kunjungi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia  

Agenda Pimpinan




CONTOH FORMAT PERKARA PA. SUMBAWA BESAR