logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara 316 APEL

Berita Terkini

Sumpah Pemuda 2018

Bangun Pemuda Satukan Indonesia

Ajak  Wakil KPA Sumbawa Besar di Hari Sumpah Pemuda

Sumbawa Besar Online (29/10/2018) ç pa-sumbawabesar.go.id

            Semangat sumpah pemuda yang diikrarkan 90 tahun lalu harus terus tertanam di benak kita. Satu Tumpah Darah, Satu bangsa, Satu Bahasa, memiliki makna yang mendalam yaitu persatuan untuk Indonesia. Jiwa NKRI harus tertanam selalu, khususnya kaum muda sebagai penerus bangsa.

 Wujud nyata menghargai semangat sumpah pemuda, Pengadilan Agama Sumbawa Besar gelar upacara bendera peringati hari Sumpah Pemuda ke-90 Senin 29 Oktober 2018. Kegiatan apel ini merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 1325/SEK/HM.01.2/10/2018 tanggal 25 Oktober 2018 perihal Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Sumpah pemuda ke-90 Tahun 2018, mengambil tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia” apel digelar di halaman depan gedung kantor Pengangadilan Agama Sumbawa Besar.  Pada apel kali ini dihadiri langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Sumbawa Besar H. Akhmad Junaedi,S.H. yang bertindak sebagai Pembina Upacara, dan diikuti oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Sumbawa Besar.

Kegiatan apel berlangsung penuh hidmat, dalam amanatnya Wakil Ketua Pengadilan Agama Sumbawa Besar menyampaikan amanat dari Menteri Pemuda dan Olah Raga Indonesia (Menpora) sebagai Berikut:

AMANAT HARI SUMPAH PEMUDA KE-90 TAHUN 2018

Hari ini kita memperingati hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia yang kita cintai ini, yaitu Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018. 

Kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. Komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia. 

Hadirin Peserta upacara yang saya hormati dan Pemuda Pemudi harapan Bangsa.

Hari sumpah pemuda ke-90 kali ini mengambil tema "BANGUN PEMUDA SATUKAN INDONESIA". Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik INdonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabil kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara.