logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara 312 ISBAT TERAKHIR

Berita Terkini

Sidang Terakhir

SIDANG KELILING

DIPENGHUJUNG TAHUN 2018

 

Sidang diluar gedung Pengadilan (sidang keliling Isbat Nikah) Pengadilan Agama Sumbawa Besar tahun 2018 telah dilaksanakan pada hari Jumat 12 Oktober 2018. Sidang kali ini merupakan sidang yang terakhir yang dilaksanan oleh PA. Sumbawa Besar di penghujung Tahun 2018.

Sidang Kali ini  terdiri atas 2 (dua) Majelis dengan dilengkapi tim Pelaksana teknis lainnya seperti Jurusita yang sekaligus sebagai pengaman sidang.

Pelaksanaaan sidang keliling ini dilaksanakan atas dasar Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Sumbawa Besar Kelas IB Nomor : W7-A2/……/Hk.05/X/2018 tanggal 30 Januari 2018. Sidang keliling terakhir ini di tahun 2018 ini dipimpin oleh Wakil Ketua pengadilan Agama Sumbawa Besar juga sekaligus Ketua Majelis Hakim yang akan menyidangkan 10 perkara permohonan isbat nikah.

Seperti yang diamanatkan dalam Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Pasal 14 bahwa Sidang diluar gedung Pengadilan untuk mempermudah setiap warga negara yang tidak mampu atau sulit menjangkau lokasi kantor Pengadilan karena hambatan biaya atau hambatan fisik atau hambatan geografis. Beberapa kecamatan yang sulit dijangkau untuk wilayah Yuridiksi PA Sumbawa Besar misalnya seperti sidang keliling isbat nikah kali ini yang bertepatan dengan perbatasan wilayah Kecamatan Dompu tepatnya Desa Labuhan Pidang Kecamatan Tarano yang jarak tempuhnya hampir 3 jam lebih dari Kantor Pengadilan  Agama Sumbawa Besar.

Sidang Keliling ini sangat disambut antusias oleh para pencari keadilan disana. Mereka sangat terbantu dengan adanya sidang Isbat keliling ini, selain jarak tempuh yang cukup jauh ke Kantor Pengadilan agama sumbawa besar jumlah biaya yang sangat tinggi juga mereka rasakan karena harus membawa dan membiayai saksi yang di hadirkan dalam persidangan kelak.(by)

Fokus Pengumuman

  • +


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

ColorsPencarian cepat Dokumen Putusan Pengadilan Agama Sumbawa Besar dan Pengadilan Lainnya di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Kunjungi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia  

Agenda Pimpinan




CONTOH FORMAT PERKARA PA. SUMBAWA BESAR