logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara 311 KELUNGKUNG

Berita Terkini

Sidang Isbat Kelungkung

PELAKSANAAN SIDANG ISBAT

KECAMATAN KELUNGKUNG 2018

 

Sebagai wujud dari pelayanan hukum yang berkeadilan serta memberikan kemudahan kepada masyarakat yang wilayah sulit dijangkau dan terisolir, Pengadilan Agama Sumbawa Besar menggelar sidang di luar gedung pengadilan untuk  tahun 2018 dengan mengambil tempat di Kantor Kecamatan Kelungkung.

 

 Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Sumbawa Besar Nomor W22-A7/0755/KP.07.5/IX/2019, tertanggal 28 September 2018, sekedar diketahui bahwa untuk 2018. Sidang di luar gedung Pengadilan ini sebagai wujud dari bantuan hukum yang dilakukan oleh Pengadilan Agama Sumbawa Besar kepada masyarakat sesuai dengan Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 10 tahun 2010 Tentang Pedoman Pemberian Bantuan Hukum. Adapun tujuan diselenggarakan sidang diluar gedung Pengadilan ini antara lain adalah :

  1. Membantu masyarakat pencari keadilan yang tidak mampu secara ekonomis, dalam menjalankan proses hukum di Pengadilan Agama Sumbawa Besar.
  2. Memberikan kesempatan kepada masyarakat pencari keadilan untuk berperkara di lokasi sidang yang lebih dekat dengan tempat tinggal.
  3. Meringankan biaya transportasi dan penghematan waktu dalam perlaksanaan persidangan bagi masyarakat pencari keadilan.
  4. Meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang hukum melalui pemenuhan dan perlindungan hukum terhadap hak dan kewajibannya.
  5. Memberikan pelayanan prima dan meningkatkan akses terhadap keadilan kepada masyarakat pencari keadilan.